Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Huruf Dengan Metode Fonik

Mengenal Huruf Dengan Metode Fonik | Halo ayah bunda yang sedang mulai mengenalkan huruf ke anak, tetap semangat ya jangan mudah menyerah. Ada banyak cara mengenalkan huruf ke anak, bisa dengan flash card, mengenali huruf melalui poster didinding atau dengan bernyanyi. 

Untuk pengenalan huruf, aku lebih dahulu mengenalkan huruf hijaiyah dibandingkan huruf alfabet ke anakku. Bagiku mengenalkan huruf hijaiyah lebih penting dari alfabet karena targetku adalah anak bisa membaca dan memahami Al-Quran.

Dan menurutku pribadi ya, ketika anakku sudah mengenal huruf hijaiyah dia lebih mudah mengenali huruf alfabet. Hal ini aku sadari saat anakku dengan mudah mengenal huruf kapital melalui mainan yang dia punya, padahal aku sendiri belum mulai mengajarkan dia mengenal huruf itu.

Dan seiring berjalannya waktu aku mulai mengenalkan dia dengan huruf alfabet. Saat mengenalkan huruf alfabet, aku mengajarkan anaku dengan metode fonik diikuti dengan nyanyian.

Memang perjalanan mengajarkan anak untuk dapat membaca cukup panjang, orangtua harus bisa menciptakan suasana yang nyenangkan bagi anak agar anak tidak merasa tertekan.

Aku biasanya mengajarakan anakku mengenal huruf melalui nyanyian atau saat dia sedang bermain. Misal anak sedang bermain masak-masakan, kadang aku menyelipkan beberapa huruf di mainannya untuk kemudian di jadikan sajian di masakan mainnya atau bisa juga bermain pancing huruf. Pokoknya orang tua harus mengeluarkan segala ide agar belajar jadi hal yang menyenangkan bagi anak.

Mengenal Huruf Dengan Metode Fonik

Metode fonik sendiri adalah metode dalam pembelajaran yang di dalamnya menghubungkan bunyi huruf lisan. Anak diajarkan tentang hubungan antara huruf dan bunyi yang dihasilkan. Ketika seorang anak memahami bentuk hurufnya dan bunyinya, anak dapat mengenali huruf dan bunyi tersebut dalam kata lainnya

Dengan dikuasainya kaitan huruf antara huruf dan bunyi, anak dapat membaca kata-kata baru sendiri, anak lebih aktif menyimak, dapat membangkitkan minat membaca anak dan anak dapat membaca kata-kata dengan lancar.

Alur pengajaran dengan metode fonik dimulai dengan mempelajari huruf-huruf alfabet dari bentuk yang mewakili huruf tersebut kemudian dilanjutkan dengan bunyi hurufnya.

Lagu Belajar Huruf Fonik

Berikut ini adalah contoh lagu alfabet dengan metode fonik yang bisa di nyanyikan bersama anak-anak:

 

Poster Huruf Fonik

Aku juga membuat poster fonik sendiri agar lebih mudah ngajak anak belajar mengenal alfabet. Poster ini aku lengkapi dengan cara mengucapan bunyi hurufnya agar lebih mudah di ingat saat dinyayikan. Poster ini juga di lengkapi dengan gambar nyata, yang bermanfaat untuk anak dalam mengenal nama benda tersebut.


Untuk benda-benda di dalam poster ini sedikit berbeda dengan benda-benda di dalam lagu fonik di atas. Ayah bunda cukup menyesuaikannya saja dengan irama dari lagu tersebut ya.
Untuk poster dengan kualitas gambar yang lebih baik, silahkan download disini ya:

Selamat mencoba

26 komentar untuk "Mengenal Huruf Dengan Metode Fonik"

  1. Wah makasih banget nih Sis, ada posternya yang bisa di download pula. Bermanfaat banget.

    BalasHapus
  2. Baru tau namanya metode fonik, sebenarnya metode ini lazim kita pakai, mmg lebih mudah mengajarkan anak membaca dgn metode ini. Saya juga saat mengajar murid baca iqro, pakai metode ini, mengenalkan bentuk huruf, posisi titik juga mencari kata dengan memiliki kesamaan bunyi. Makasih insight baru nya kak 😊

    BalasHapus
  3. Kalo inget keseruannya mengajari anak batita segala macem itu jadi kangen punya anak kecil lagi.
    Tapi kalo inget kerempongan lainnya, hmmmm ngga dulu laah. Udah pernah hihihi
    Semangat untuk bunda-bunda muda, semangat menikmati masa2 yang nanti akan sangat2 dirindukan

    BalasHapus
  4. Ooo... Ini toh salah satu rahasianya Kak Aya udah lancar baca di usianya ini. Akhirnya terungkap ya. Dah lama pinisirin awak😁

    BalasHapus
  5. Memperkenalkan huruf pada anak dengan cara yang menyenangkan ini.

    BalasHapus
  6. Ahhh, informatif sekali kak Ly. Keponakanku awal tau huruf juga karena mamanya ngajarin pakai lagu dan beli poster terus ditempel di kamarnya. Anyway, adakah pertimbangan tersendiri kenapa kakak mengenalkan huruf hijaiyah duluan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nina Nola Boang Manalu2 Agustus 2024 pukul 19.15

      Ikut nimbrung, Kak. Setahu awa, Kak, katanya kalau kita mengajarkan huruf hijaiyah lebih dulu atau iqra, maka dengan sendirinya bisa lancar membaca huruf abjad.

      Hapus
  7. Ini mirip-mirip Apha Beta Charlie gk sih kk? Tapi mungkin gk cocok ya kalo diajarkan ke anak2

    BalasHapus
  8. Mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan ❤❤

    BalasHapus
  9. Menarik sekali metodenya kak, aku pengen donlot posternya buat belajar sm anakku. Cakep dan bagus nih buat belajar alfabet makin menyenangkan.

    BalasHapus
  10. Di sekolah kami terapin ini juga, Kak. Cukup efektif. Terima kasih tulisannya, Kak. Aku belajar banyak hal lagi.

    BalasHapus
  11. Nina Nola Boang Manalu2 Agustus 2024 pukul 19.18

    Kebetulan saya juga pernah, nih, Kak. Saya mengenalkan abjad pada anak pertama saya saat dia berusia 3 tahun menggunakan flash card yang saya buat sendiri menggunakan kertas² makalah mahasiswa suami yang sudah dinilai, lumayan menghemat dan mengurangi sampah juga. Sepertinya saya akan mencoba metode fonik ini untuk anak kedua saya Kak.

    BalasHapus
  12. Wah, dapat pencerahan lagi nih untuk main sama ponakan.

    Idealnya pengenalan huruf dimulai sejak usia berapa ya kak?

    BalasHapus
  13. Wuah masyaa Allah, sangat bermanfaat sekali tulisannya ❤️

    BalasHapus
  14. Wah, tipsnya pas x utk kakak. Anak kakak baru masuk TK dan lagi senang-senangnyanbelajat huruf

    BalasHapus
  15. X, akhirnya ada benda lain dari huruf X selain X-Ray. Xilofon baru tau. Eks... Eks... Eks...

    BalasHapus
  16. Kalau ai dikasih metode gini selalu nyanyiin itu kak, anak jadi makin pintar membaca pun kak. Malah senang belajar baca

    BalasHapus
  17. Wah bermanfaat kali kak. Awak jadi banyak belajar umbiar nanti ngajarisi kecil

    BalasHapus
  18. Dulu kenapa memilih mengajarkan huruf hijaiah lebih dulu Ly? Dan btw aku udah co buku yang lily review di IG tapi memang butuh kesabaran dan kebijaksanaan ya dalam mengajarkan anak. Hahaha padahal dulu aku guru sekolah 🤣

    BalasHapus
  19. Semangat mengajari anak, Kak. Btw, terima kasih insight-nya. Jadi bekal untuk nanti kalau sudah punya anak. 🥰

    BalasHapus
  20. Wah bermanfaat sekali kak. Walaupun belum punya anak, tapi ini sangat bermanfaat juga untuk ponakan. terima kasih kak

    BalasHapus
  21. Ntar ngajarin imy deh pake lagu fonik, dia skrg lg senang dengar lagu

    BalasHapus
  22. Aku baru tau ternyata metode fonik ini efektif banget ya untuk pengenalan huruf ke anak-anak. Apalagi emaknya ngajarin pas anaknya sambil main atau dengerin lagu yaa kan, pasti jadi lebih menyenangkan belajarnya karna dunianya anak-anak tuh ya banyakan main-main.

    BalasHapus
  23. Apresiasi sekali untuk kak Lynur yang berusaha mengenalkan hijaiyah dulu sebelum alfabet. Memang sebaiknya kita kenal Quran dulu sebelum kenal hal duniawi lainnya. Setellah dewasa gini aku sering merasa klo dulu ngaji-nya beneran diseriusin kayaknya setengah masalah hidup aku terselesaikan deh. lol

    BalasHapus
  24. Informatif dan paket lengkap. Seperti biasa jomlo bahagia baru bisa bookmarks dulu.

    BalasHapus
  25. Artinya, mengenalkan huruf hijaiyah bisa menjadi therapy awal kepada anak agar lebih mudah memahami huruf alphabet ya kak? Wah, habis baca artikel malah dapat bonus nih. Makasih ya kak

    BalasHapus