Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akun Inspirasi Desain Canva Di Instagram

Kalau ngomongin desain jadi ingat pertama kalinya aku mengenal desain saat masih sekolah tingkat SMA. Pertama kali belajar desain itu aku menggunakan photoshop, saking penasarannya aku sampai beli bukunya. Duh dulu rasanya senang sekali bisa ngilangi jerawat di foto atau sekedar menghaluskan dan memutihkan wajah hingga menggandakan objek menjadi beberapa. 

Seiring berjalannya waktu karena tuntutan pekerjaan aku pun mulai belajar software editing lainnya yaitu coreldraw. Kalau untuk coreldraw ini aku di ajarin langsung sama atasanku di kantor, beruntung sekali rasanya kerja sekalian dapat ilmu baru yang bahkan masih aku pakai ilmu itu hingga saat ini.
Desain ini aku buat dengan menggunakan canva di smartphone sambil tiduran. Dulu mana bisa tiduran kalau lagi ngerjain desain

Kalau saat ini ada apliaksi ngedesain jauh lebih mudah, mobile friendly dan bisa desain di mana aja tanpa perlu bawa-bawa file desain untuk editingnya. Aplikasi itu adalah canva, pasti udah pada akrab dong dengan nama ini.

Masih ingat sekali saat canva mulai populer di kalangan teman-teman, banyak teman yang ikut kelas desain dengan canva dan kemudian memamerkan karyanya di medsos. Waktu itu suami juga sudah menyuruh ku untuk menginstal canva dan belajar ngedesain menggunakan canva. Alasannya tentu karena ngedesain dengan canva bisa menggunakan smartphone, jadi rasanya lebih fleksible. Tapi ntah kenapa, saat itu aku belum tertarik. 

Sampailah aku di tahun 2024, ngeliat banyak sekali reels hasil desain orang-orang dengan menggunakan aplikasi canva. Dan hasilnya terlihat kiyut sekali, enak di pandang mata, lalu belakangan aku baru tau kalau ternyata elemen-elemen di canva emang semakin banyak dan gemesin ~ sungguh aku terlambat menyadarinya hahaha.

Gak hanya element di canva yang makin cakep, canva juga menyediakan banyak template siap pakai dengan desain yang cakep-cakep. Butuh media pembelajaran? Tenang banyak template gratisnya di canva.

Yang paling menarik bagiku adalah lisensi canva bisa di gunakan untuk keperluan comersil. Ya aampunn, saat tau ini aku langsung bertekad kalau aku harus bisa juga ngedesain dengan menggunakan canva.

Tapi tekad aja gak cukup, ternyata fitur-fitur yang ada di canva itu beda jauh banget dengan software desain yang sudah aku pahami sebelumnya. Tentu saja hari-hari ku belajar canva di penuhi kebingungan, aku taunya cuma nambah-nambah element tapi mau buat efek-efek seperti bayangan aja aku bingung gimana caranya dulu.

Lalu aku menemukan beberapa akun yang menurut aku sangat menginspirasi untuk orang-orang yang mau belajar mendesain dengan canva. Dari mereka aku banyak belajar bagaimana cara mengkomposisikan elemen di canva agar terlihat "enak" di pandang mata, berikut juga dengan trik dan tips mendesain di canva.

1. @canionyy

2. @kelasemakkreatif


3. @belajarcanva.withdewi


4. @ulfatulistiqomahh

5. @putriindrianieka


Itu dia beberapa kreator canva yang ngasih ilmunya secara gratis melalui sosmed. Ada yang  menjelaskan step by stepnya dalam bentuk slide, buat yang lebih suka ngebaca dari pada nonton video (plus hemat kuota). Ada juga yang dalam bentuk video tutorial hingga ngasih ide jualan produk.

Kalau versi kamu, kreator canva yang sangat menginspirasi mu siapa? Share dong

15 komentar untuk "Akun Inspirasi Desain Canva Di Instagram"

  1. Beneran canva se powerfull ituh. Kalau yang memang ada bakat desain pakai canva pun tetap bisa eksplor dan optimalisasi hasil desain jadi lebih bagus dan cepat. Makasih kak udah buat ini jadi dapat inspirasi untuk ngembangin kreativitas desain lebih dalam.

    BalasHapus
  2. Aku juga baru2 ini aja nyadarnya kalau canva ngga serumit yang kubayangkan. Sungguh terlambat yaa, hahaa.
    Yaa mesti hasil desain juga ngga ada cakep2nya tapi setidaknya bisalaah bikin CV atau portofolio nyontek darisana.
    Pingin kali laa bisa desain, bikin kelas dong Lyyy di blogM VIP, hihiiii

    BalasHapus
  3. Untuk aku yg keterampilan dan kesabaran perihal desian grafis yg sejak dulu minus, dari semua aplikasi desain yg pernah kupegang dan pernah diajari para kawan yg telaten soal desain grafis, aku cuma bisanya pake Canva😅. Itu pun yg standar-standar aja... Wkkk.

    Auto cari lalu follow lah ini.
    Tengkiyu Ly.... (Salah satunya yg pernah ngajarin awak desain grafis?

    BalasHapus
  4. Sukaa sekali berkarya di Canva karena gemes-gemes sama pilihannya banyak, cara pakainya juga memudahkan dibanding apk lain. Makasih banyak kak sdh spill para Suhu Canva Kreator ini aku langsung follow buat belajar, kali aja bisa jd bisnis juga kan. Thankyouu kak

    BalasHapus
  5. Wah, hasil canva kakak unyu sekali. Udah bisalah ini aku gandeng jadi ilustrator cerita anak, ya, Kak? Aku mau juga lah belajar canva. Itung² buat cover novel²ku.

    BalasHapus
  6. meski dipandang sebelah mata, toh Canva terbukti memudahkan pekerjaan kita loh. Yang luar biasa ekosistem canva makin hari makin bagus loh.

    BalasHapus
  7. Wah, penting banget info nya kak, biar gaya desain kita gk gitu2 aja, plus dpt inspirasi oke. Makasih akaaak

    BalasHapus
  8. Aku pernah ikut kelas Canva. Keren bgt sih aplikasi ini. sangat membantu.

    BalasHapus
  9. sampai sekarang belum pandai pandai pakai canva. kayaknya canva ini sekali dapet sela nya bikin ketagihan lupa waktu. apalagi liat konten-konten akun inspirasi canva itu.

    BalasHapus
  10. Sebagai user Canva karena tuntutan kerja, aku bersyukur kali sih kak ada orang-orang yang mau berbagi tips-tips di canva ini. Walaupun kalau di instansi banyakan desainnya yang cenderung serius dan template banget, tapi knowing colors things yang menarik itu jadi ilmu yang bermanfaat kali. Anyway, thank you for sharing kak Li.

    BalasHapus
  11. Pas banget aku lagi nyari info percanvaan. Makasiiii, Kakkkkkk.

    BalasHapus
  12. Bagus-bagus kali, ih, desainnya. Punya Kak Lynur yang di atas juga manis. Iki, tuh, love-hate relationship sama hal-hal yang berbau seni rupa ini. Huhuhu. Tapi nanti mau coba (lagi) juga, ah.

    BalasHapus
  13. Aku masih belum mengeksplor kemampuan si canva nih. Ternyata banyak juga ya akun-akun tempat belajar Canva. Jadi bisa lebih kreatif.

    BalasHapus
  14. wuah makasi banyak kak atas refrensinya. sbenarnya malah kepikiran untuk ajarin keponkan aku yg uda SD untuk edit di canva karena kan sekrg sekolah juga tugas2nya banyak nyuruh utk desain.

    BalasHapus
  15. Aku baru pelajarin dengan mendalam fitur-fitur Canva untuk animasi video. Dan ternyata canva sehebat, secanggih atau semudah itu.

    Aku terlalu meremehkan canva selama ini :(
    Tx u sharing akunnya kak, ada beberapa akun yg kadang muncul di explore ku

    BalasHapus